Pengertian
Pemasaran
William J Stanton : sistem keseluruhan dari kegiatan-kegiatan
bisnis yang ditujukan untuk merencanakan, menentukan harga, mempromosikan dan
mendistribusikan barang dan jasa yang memuaskan kebutuhan baik kepada pembeli
yang ada atau pembeli potensial.
Pengertian
Pemasaran
Dalam The American Marketing Association :
pelaksanaan kegiatan dunia usaha yang mengakibatkan aliran barang dan jasa dari produsen ke konsumen.
Dalam The American Marketing Association :
pelaksanaan kegiatan dunia usaha yang mengakibatkan aliran barang dan jasa dari produsen ke konsumen.
Pentingnya
Pemasaran
·
Dapat menentukan mengalirnya barang barag dan
jasa ke tangan konsumen dengan cepat dan tepat.
·
Untuk mempertahankan usaha
Pelayanan
Prima / Pelayanan Terbaik
Pelayanan sebaik-baiknya kepada konsumen sehingga dapat menimbulkan rasa puas pada pelanggan.
Tujuan : dapat menarik pelanggan baru dan mempertahankan pelanggan lama.
Pelayanan sebaik-baiknya kepada konsumen sehingga dapat menimbulkan rasa puas pada pelanggan.
Tujuan : dapat menarik pelanggan baru dan mempertahankan pelanggan lama.
Konsep
TQM
Untuk menunjang pelaksanaan pelayanan prima dibutuhkan konsep TQM.
TQM : sistem manajemen yang melibatkan semua manajemen dan pegawai untuk
memperbaiki kualitas dan kuantitas proses organisasi agar keinginan kebutuhan dan
harapan pelanggan terpenuhi.
Untuk menunjang pelaksanaan pelayanan prima dibutuhkan konsep TQM.
TQM : sistem manajemen yang melibatkan semua manajemen dan pegawai untuk
memperbaiki kualitas dan kuantitas proses organisasi agar keinginan kebutuhan dan
harapan pelanggan terpenuhi.
Konsep
A3
·
Konsep Attitude (Sikap)
·
Konsep Attention (Perhatian)
·
Konsep Action (Tindakan)
Attitude
(sikap)
Bentuk-Bentuk pelayanan berdasarkan attitude:
Bentuk-Bentuk pelayanan berdasarkan attitude:
·
Pelayanan pelanggan dengan penampilan serasi
(dalam berhias, berbusana, dan ekspresi wajah ).
·
Pelayanan dengan berfikir positif (melayani
pelanggan dengan terhormat).
·
Pelayanan pelanggan dengan sikap menghargai.
Attention
(perhatian)
Bentuk-bentuk pelayanan berdasarkan konsep attention :
Bentuk-bentuk pelayanan berdasarkan konsep attention :
kebutuhan pelanggan, dan berusaha memenuhi kebutuhan pelanggan ).
·
Mengamati perilaku pelanggan (bahasa tubuh,
motif pembelian ).
·
Mencurahkan perhatian penuh pada pelanggan.
Action
(tindakan)
Bentuk-bentuk pelayanan prima berdasarkan konsep tindakan :
Bentuk-bentuk pelayanan prima berdasarkan konsep tindakan :
·
Pencatatan pesanan pelanggan
·
Pencatatan kebutuhan pelanggan
·
Penegasan kembali kebutuhan pelanggan
·
Mewujudkan kebutuhan pelanggan
Promosi
Kegiatan dalam pemasaran yang dilakukan dengan cara memperkenalkan barang kepada masyarakat dan bertujuan untuk meningkatkan penjualan.
Tujuan promosi : untuk mempengaruhi konsumen.
Kegiatan dalam pemasaran yang dilakukan dengan cara memperkenalkan barang kepada masyarakat dan bertujuan untuk meningkatkan penjualan.
Tujuan promosi : untuk mempengaruhi konsumen.
Tujuan
Promosi
·
Merubah tingkah laku dan pendapat konsumen
·
Mendorong konsumen agar lebih banyak
menggunakan produk dan membeli produk dalam jumlah besar, dan mengingatkan konsumen
akan manfaat produk.
·
Untuk menarik konsumen
·
Mempertaankan merek produk perusahaan
Sasaran
Promosi
·
Seluruh masyarakat konsumen agar mereka mau
membeli produk
·
Para pembeli / pelanggan produk
·
Para pemakai produk pada waktu sekarang
·
Masyarakat yang mempunyai daya beli
·
Para distributor / agen yang mau menjualkan
produk
·
Pemerintah yang menggunakan produk perusahaan
Keuntungan
dari adanya promosi
·
Meningkatkan omset penjualan
·
Mengingatkan para pembeli tentang barang yang
akan dibeli
·
Produk menjadi lebih terkenal¨
·
Meningkatkan produksi perusahaan
·
Meningkatkan laba perusahaan
Bauran
Promosi
Bentuk promosi yang paling efektif saat ini adalah bauran promosi.
Bauran promosi : bentuk promosi yang dilakukan dengan membaurkan 4 alat penting dalam promosi yaitu advertensi, personal selling, sales promotion, publicy.
Bentuk promosi yang paling efektif saat ini adalah bauran promosi.
Bauran promosi : bentuk promosi yang dilakukan dengan membaurkan 4 alat penting dalam promosi yaitu advertensi, personal selling, sales promotion, publicy.
Advertensi
/ Periklanan
Advertensi dibedakan menjadi :
Advertensi dibedakan menjadi :
·
Advertensi cetak : iklan di surat kabar / majalah
·
Advertensi Elektronik : iklan melalui radio
dan tv
·
Transit advertising : berupa buletin,
poster, stiker
·
Kiriman langsung : barang cetakan yang dikirimkan
langsung melalui pos ke calon pembeli
·
Advertensi khusus : segala macam barang berupa
pemberian atau hadiah secara cuma-Cuma
·
Advertensi di luar rumah : reklame
Personal
Selling
Penyajian barang secara lisan dan bertatap muka agar barang yang ditawarkan dapat terjual pada satu atau lebih calon pembeli dengan tujuan,
Tujuan personal Selling :
Penyajian barang secara lisan dan bertatap muka agar barang yang ditawarkan dapat terjual pada satu atau lebih calon pembeli dengan tujuan,
Tujuan personal Selling :
·
Menciptakan kepercayaan
·
Peragaan
·
Pembelian yang sifatnya sekali-kali
·
Produk yang mempunyai nilai per unit sangat
tinggi
·
Produk yang didesain sesuai kebutuhan
Sales
Promotion
Merupakan kegiatan selain dari advertising, personal selling dan publicy untuk merangsang pembelian barang perusahaan.
Merupakan kegiatan selain dari advertising, personal selling dan publicy untuk merangsang pembelian barang perusahaan.
Alat dalam sales promotion :
·
Sampel / contoh
·
Kupon / voucher
·
Paket harga
. Promosi dagang
. Promosi dagang
Publicy
Merupakan bentuk hubungan kemasyarakatan sehingga
sering disebut public relation.
Alat alat untuk melaksanakan publicy :
Alat alat untuk melaksanakan publicy :
·
Jumpa pers : pertemuan antara wartawan dengan
produsen untuk memberikan informasi untuk dimuat dalam media masa untuk menarik
masyarakat terhadaap produk dan jasa.
·
Publisitas produk : usaha mempublikasikan produk
khusus
·
Komunikasi perusahaan : komunikasi ekstern dan
intern dalam rangka menciptakan rasa saling pengertian di antara perusahaan.
·
Pendekatan : keerjasama dengan ahli hokum dan
pejabat pemerintah untuk mendukung atau menghapskan peraturan / UU
·
Bimbingan : pemberian bimbingan kepada
manajemen tentang masalah kemasyarakatan posisi perusahaan maupun citra
perusahaan
No comments:
Post a Comment