Sunday, October 4, 2015

Pemasaran


Pengertian Pemasaran

William J Stanton : sistem keseluruhan dari kegiatan-kegiatan bisnis yang ditujukan untuk merencanakan, menentukan harga, mempromosikan dan mendistribusikan barang dan jasa yang memuaskan kebutuhan baik kepada pembeli yang ada atau pembeli potensial.

Pengertian Pemasaran
Dalam The American Marketing Association :
pelaksanaan kegiatan dunia usaha yang mengakibatkan aliran barang dan jasa dari produsen ke konsumen.

Pentingnya Pemasaran

·         Dapat menentukan mengalirnya barang barag dan jasa ke tangan konsumen dengan cepat dan tepat.

·         Untuk mempertahankan usaha

Pelayanan Prima / Pelayanan Terbaik
Pelayanan sebaik-baiknya kepada konsumen sehingga dapat menimbulkan rasa puas pada pelanggan.
Tujuan : dapat menarik pelanggan baru dan mempertahankan pelanggan lama.

Konsep TQM
Untuk menunjang pelaksanaan pelayanan prima dibutuhkan konsep TQM.
TQM : sistem manajemen yang melibatkan semua manajemen dan pegawai untuk
memperbaiki kualitas dan kuantitas proses organisasi agar keinginan kebutuhan dan
harapan pelanggan terpenuhi.

Konsep A3

·         Konsep Attitude (Sikap)

·         Konsep Attention (Perhatian)

·         Konsep Action (Tindakan)

Attitude (sikap)
Bentuk-Bentuk pelayanan berdasarkan attitude:

·         Pelayanan pelanggan dengan penampilan serasi (dalam berhias, berbusana, dan ekspresi wajah ).

·         Pelayanan dengan berfikir positif (melayani pelanggan dengan terhormat).

·         Pelayanan pelanggan dengan sikap menghargai.

Attention (perhatian)
Bentuk-bentuk pelayanan berdasarkan konsep attention :
.         Mendengarkan dan memahami kebutuhan pelanggan (mendengarkan, mencatat
          kebutuhan pelanggan, dan berusaha memenuhi kebutuhan pelanggan ).


·         Mengamati perilaku pelanggan (bahasa tubuh, motif pembelian ).

·         Mencurahkan perhatian penuh pada pelanggan.

Action (tindakan)
Bentuk-bentuk pelayanan prima berdasarkan konsep tindakan :

·         Pencatatan pesanan pelanggan

·         Pencatatan kebutuhan pelanggan

·         Penegasan kembali kebutuhan pelanggan

·         Mewujudkan kebutuhan pelanggan

Promosi
Kegiatan dalam pemasaran yang dilakukan dengan cara memperkenalkan barang kepada masyarakat dan bertujuan untuk meningkatkan penjualan.
Tujuan promosi : untuk mempengaruhi konsumen.

Tujuan Promosi

·         Merubah tingkah laku dan pendapat konsumen

·         Mendorong konsumen agar lebih banyak menggunakan produk dan membeli produk dalam jumlah besar, dan mengingatkan konsumen akan manfaat produk.

·         Untuk menarik konsumen

·         Mempertaankan merek produk perusahaan

Sasaran Promosi

·         Seluruh masyarakat konsumen agar mereka mau membeli produk

·         Para pembeli / pelanggan produk

·         Para pemakai produk pada waktu sekarang

·         Masyarakat yang mempunyai daya beli

·         Para distributor / agen yang mau menjualkan produk

·         Pemerintah yang menggunakan produk perusahaan

 

 

Keuntungan dari adanya promosi

·         Meningkatkan omset penjualan

·         Mengingatkan para pembeli tentang barang yang akan dibeli

·         Produk menjadi lebih terkenal¨

·         Meningkatkan produksi perusahaan

·         Meningkatkan laba perusahaan

Bauran Promosi
Bentuk promosi yang paling efektif saat ini adalah bauran promosi.
Bauran promosi : bentuk promosi yang dilakukan dengan membaurkan 4 alat penting dalam promosi yaitu advertensi, personal selling, sales promotion, publicy.

Advertensi / Periklanan
Advertensi dibedakan menjadi :

·         Advertensi cetak : iklan di surat kabar / majalah

·         Advertensi Elektronik : iklan melalui radio dan tv

·         Transit advertising : berupa buletin, poster, stiker

·         Kiriman langsung : barang cetakan yang dikirimkan langsung melalui pos ke calon pembeli

·         Advertensi khusus : segala macam barang berupa pemberian atau hadiah secara cuma-Cuma

·         Advertensi di luar rumah : reklame

Personal Selling
Penyajian barang secara lisan dan bertatap muka agar barang yang ditawarkan dapat terjual pada satu atau lebih calon pembeli dengan tujuan,
Tujuan personal Selling :

·         Menciptakan kepercayaan

·         Peragaan

·         Pembelian yang sifatnya sekali-kali

·         Produk yang mempunyai nilai per unit sangat tinggi

·         Produk yang didesain sesuai kebutuhan

Sales Promotion
Merupakan kegiatan selain dari advertising, personal selling dan publicy untuk merangsang pembelian barang perusahaan.

Alat dalam sales promotion :

·         Sampel / contoh

·         Kupon / voucher

·         Paket harga 
.          Promosi dagang
 
 
 
Publicy

Merupakan bentuk hubungan kemasyarakatan sehingga sering disebut public relation.
Alat alat untuk melaksanakan publicy :

·         Jumpa pers : pertemuan antara wartawan dengan produsen untuk memberikan informasi untuk dimuat dalam media masa untuk menarik masyarakat terhadaap produk dan jasa.

·         Publisitas produk : usaha mempublikasikan produk khusus

·         Komunikasi perusahaan : komunikasi ekstern dan intern dalam rangka menciptakan rasa saling pengertian di antara perusahaan.

·         Pendekatan : keerjasama dengan ahli hokum dan pejabat pemerintah untuk mendukung atau menghapskan peraturan / UU

·         Bimbingan : pemberian bimbingan kepada manajemen tentang masalah kemasyarakatan posisi perusahaan maupun citra perusahaan

No comments:

Post a Comment